Lapak kopi online Lampung Barat

Festival Kopi dan Sekolah Kopi Lampung Barat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT – Bicara soal Kabupaten Lampung Barat pasti tak terlepas bicara soal kopi robusta.Kopi robusta Lampung Barat yang biasa disebut kopi Liwa telah dikenal hingga mendunia.

Untuk terus mendongkrak perekonomian dan kesejahtraan para petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat telah mendirikan sekolah kopi di Pekon Sukajaya Lampung Barat.

Bupati Parosil Mabsus mengatakan, kopi Liwa menjadi unggulan masyarakat dan Pemerintah Lampung Barat.Namun demikian, hal ini belum selaras dengan tingkat kesejahtraan para petani kopi yang ada di Lampung Barat.Maka dari itu, Pemkab Lampung Barat membuat program festival kopi dan mendirikan sekolah kopi di wilayah setempat

.”Tingkat pendapatan petani masih rendah sehingga ini belum terlalu terlihat pendapatannya yang tinggi,” ujarnya, saat Talkshow bersama HDP di Rumah Dinas Bupati Lampung Barat, Rabu (1/7/2020).

“Nawaitu nya itu pake festival kopi dan sekolah kopi untuk ruang bagi petani kopi dan para milenial,” imbuhnya.Menurutnya, dengan festival kopi dan sekolah kopi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dimana, program-program itu adalah program yang berbeda dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung dengan fungsi menciptakan pemahaman, pengalaman serta pelatihan untuk pengembangan kopi itu sendiri.

Melalui program tersebut, diproyeksikan harga kopi akan semakin meningkat dan kualitasnya semakin baik. “Petani itu harus sejahtera.””Kalau orang sudah tertarik dan mencoba kopi nanti akan mahal, dan akan menguntungkan petani.””Kopi mahal berkualitas,” tandasnya.

Ia berharap program-program tersebut dapat disupport oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.Kemudian, kata dia, pihaknya selalu terbuka bagi para investor yang ingin investasi di Lampung Barat.

“Kita juga butuh dukungan dari pemprov dan pusat, kalau pun ada pihak yang ingin investasi di Lambar kita sangat terbuka,” ujarnya.(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Artikel ini telah tayang di tribunlampung.co.id dengan judul Festival Kopi dan Sekolah Kopi Lampung Barat Tingkatkan Kesejahteraan Petani, https://lampung.tribunnews.com/2020/07/01/festival-kopi-dan-sekolah-kopi-lampung-barat-tingkatkan-kesejahteraan-petani?page=2.

Penulis: kiki adipratama Editor: Noval Andriansyah

Mungkin Anda menyukai

Kopisudut : Coffe, Resto dan Galery

Varietas Unggul Baru Kopi: Korolla Klon Kopi Robusta Lampung Barat

Webinar Kopi: Panen Raya Ditengah Pandemi

Yusdianto Advokasi UKM Kopi Terdampak Covid 19 di Lampung Barat

New Normal di Kopi Sudut

Kopi Robusta Lampung Punya Daya Saing

Tinggalkan Komentar

Alamant email Anda tidak akan publikasikan

Belanjaan Anda

Anda belum menambahkan produk ke keranjang belanja

Kembali ke halaman produk