Lapak kopi online Lampung Barat

Dinamika Industri Kopi Bubuk di Lampung (1907-2011)

Oleh Hary Ganjar Budiman

Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung Jln. Cinambo No.136 Ujungberung Bandung. Email: hgbudiman@gmail.com

Tulisan ini terbit di Jurnal Patanjala Vol. 4, No. 3, September 2012: 526-543

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Dinamika Industri Kopi Bubuk di Lampung (1907-2011 ) ”. Kopi merupakan salah satu sumber daya unggulan di Lampung. Keberadaan industri kopi di Lampung ditopang oleh jumlah perkebunan rakyat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang membahas empat sisi yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini digunakan konsep industri. Industri adalah kegiatan-kegiatan manufaktur yang ada di dalam kegiatan-kegiatan yang menggerakkan bahan-bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Awal mula budidaya kopi di Lampung dilatarbelakangi oleh Transfer penduduk dari Jawa ke Lampung yang telah berlangsung sejak 1905. Para kolonis datang ke Lampung untuk dibuka lahan dan menanam berbagai komodit sebagai ,salah satunya adalah kopi. Proses transisi terus berlangsung dalam beberapa periode; 1905-1941 (Hindia-Belanda) dan pada 1950-1986 (masa kemerdekaan). Selama proses tersebut, pembukaan lahan-lahan perkebunan kopi terus dilakukan di berbagai daerah.

Industri kopi bubuk yang pertama berdiri adalah Kopi Njit Sin Hoo (Rajawali) yang sudah ada sejak 1907. NjitSin Hoo kemudian berganti nama menjadi Kopi Sinar Baru Topi Bola Dunia pada 1950 Industri kopi bubuk berkembang cepat pada 1980 dengan bermunculannya beragam merk kopi bubuk. Memasuki tahun 2007 hingga 2010 dikenal kopi luwak yang memiliki kualitas istimewa dan dikenal di dalam dan luar negeri.

Sumber Tulisan : https://www.researchgate.net/publication/323787173_Dinamika_Industri_Kopi_Bubuk_di_Lampung_1907-2011

Mungkin Anda menyukai

Riview Film Dokumenter “Filosofi Kopi, Aroma Gayo”

Jalan Baru UMKM Kopi Lampung Barat Dimasa Pandemi Covid 19

Varietas Unggul Baru Kopi: Korolla Klon Kopi Robusta Lampung Barat

Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Kopi Di Kabupaten Lampung Barat

Tinggalkan Komentar

Alamant email Anda tidak akan publikasikan

Belanjaan Anda

Anda belum menambahkan produk ke keranjang belanja

Kembali ke halaman produk